Advokasi Perda KTR

Advokasi Perda KTR

MTCC Unimma menghadiri Rapat tindak lanjut Advokasi Perda KTR Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Dalam Negeri bersama
Dinkes dan Kepala Bagian Hukum Brebes
Dinkes dan Kepala Bagian Hukum Kota Magelang
Dinkes dan Kepala Bagian Hukum Kab. Magelang
Dinkes dan Kepala Bagian Hukum Kab. Wonosobo
Dinkes dan Kepala Bagian Hukum Kab. Temanggung
Dinkes dan Kepala Bagian Hukum Kab. Klaten

Melalui zoom meeting
Jum’at, 1 September 2023

Workshop and Tobacco Tax Price Monitoring

Workshop and Tobacco Tax Price Monitoring

MTCC Unimma menghadiri workshop and Tobacco Tax Price Monitoring yang diselenggarakan oleh CHED (Pusat Pembangunan Manusia dan Ekonomi) Institut Ahmad Dahlan, Universitas Indonesia-Lembaga Demografi (LD-UI), Udayana Central Bali, TCSC IAKMI bekerja sama dengan Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI.

Hotel Grand Inna Kuta, Bali
7-8 Agustus 2023

Launching 5 Embung Mini di Kecamatan Kledung Temanggung

Launching 5 Embung Mini di Kecamatan Kledung Temanggung

MTCC Unimma menyelanggarakan kegiatan launching Embung Mini di Kecamatan Kledung, Temanggung
(Bantuan dari Unimma, PWM dan Lazismu Jateng-Lazizmu PDM Temanggung

Peresmian 5 embung mini Desa Tlahab dilakukan secara daring dan luring di Gedung Pimpinan Daerah Aisyah Temanggung, dihadiri Majelis Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah, Wakil Ketua PWM Jawa Tengah, Rektor UNIMMA, PDM dan PDA Temanggung, MTCC UNIMMA, dinas terkait dan perwakilan 5 kelompok tani.

Pembangunan 5 embung mini di lahan petani dari 5 kelompok tani di desa Tlahab Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung telah selesai dilaksanakan. Kelima embung tersebut merupakan rol model MTCC UNIMMA dalam rangka pemberdayaan petani untuk melakukan diversifikasi tanaman pertanian sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan petani.

Ketua MTCC UNIMMA Dr. Dra. Retno Rusdjijati, M.Kes mengatakan, MTCC UNIMMA bukan menolak tembakau tetapi justru ingin meningkatkan pendapatan petani melalui budidaya tanaman yang lebih produktif. Dari hasil koordinasi dengan kelompok tani di Desa Tlahab, disimpulkan bahwa petani membutuhkan embung untuk memenuhi kebutuhan air sehingga dilakukan pembangunan 5 embung mini.

Saat ini penerima manfaat dari embung tersebut adalah 5 Kelompok Tani dengan luas lahan 18 hektar. Kelima kelompok Tani tersebut adalah Daya Sindoro, Margo Rahayu, Sapta Mandiri, Sadewa dan Lumbung Makmur.

Majelis Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah Budi Nugroho menegaskan, Muhammadiyah bergerak untuk kebahagiaan semesta alam dan kemakmuran manusia. Maka pembangunan embung merupakan upayakan antisipasi dari Global Warning dimana cuaca tidak menentu dampak Elnino akan mempengaruhi para petani kapan waktu tanam dan butuh air, serta kapan merencanakan panen. Pemberdayaan petani juga membutuhkan human system dimana harus ada satu kesatuan holistik antara manusia, alam sekitar dalam satu kesadaran bahagia semesta alam, bahagia kehidupan masyarakat.

Ketua Kelompok Tani Daya Sindoro Tlahab Tuhar mengatakan, sebagian petani membeli air hingga ratusan ribu rupiah untuk menyiram tanamannya. Maka keberadaan embung dapat menghemat pengeluaran sampai 9 juta rupiah lebih jika harus membeli air untuk penyiraman tanaman.

Kantor Pimpinan Daerah Aisiyah Kab. Temanggung dan Lokasi Embung Kec. Kledung
Sabtu, 26 Agustus 2023

Sekolah Kader Pemberdayaan Masyarakat MPM PP, MPM PWM Jateng dan MTCC Unimma

Sekolah Kader Pemberdayaan Masyarakat MPM PP, MPM PWM Jateng dan MTCC Unimma

MTCC Universitas Muhammadiyah Magelang bekersama dengan MPM PP Muhammadiyah dan MPM PW Muhammadiyah Jawa Tengah menyelenggarakan Sekolah Kader Pemberdayaan Masyarakat Seri Advokasi Tani
“Berdaya dalam memperjuangkan hak-hak sipil tani”

Aula Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Magelang
Jum’at-Sabtu, 21-22 Juli 2023